Senin, 15 Desember 2008

Seberapa kecilkah sebuah atom


Atom dari semua unsur yang telah dikenal memiliki ukuran bervariasi, yang paling besar berdiameter atau "radius atom" melebihi dua kali yang terkecil. Namun seberapa besarkah sebuah atom yang khas.


Sebagai standar, marilah kita ambil karbon , salah satu dari unsur umum di alam semesta. Satu deretan enam atom karbon, yang "berdiri rapat-rapat" akan cukup menempati ruangan yang lebarnya 1 nanometer. Satu nanometer adalah ukuran sepermilyar meter (satu meter sama dengan 1,09 yard). Dengan kata lain , sederetan 2 juta atom karbon akan dengan mudah menempati secara pas dalam titik pada akhir kalimat ini. Satu gumpal karbon murni yang lebih besar sedikit dari satu kubus gula berisi 600juta-juta milyar atom.


Seberapa "beratkah"atom? Kita mengukur "berat" sebuah atom menurut massanya dan bukan menurut berat yang biasa. Meskipun dua kata sering dipergunakan bergaitan, massa didefinisikan sebagai jumlah meteri, atau zat, dalam sebuah obyek. Berat adalah ukuran tarikan gravitasi pada obyek itu, sebab tarikan yang tenaganya bervariasi menurut faktor-faktor seperti kecepatan gerak dari obyek itu dan jaraknya dari bumi. Namun demikian kita mendefinisikannya massa dari atom tunggal sangat kecil. Satu butir serbuk, misalnya, akan sama dengan massa dari kira-kira 20 Milyar atom.


Massa dari atom yang berbeda-beda bervariasi lebih banyak daripada besarnya. Hidrogen, atom yang paling ringan, mendekati seperduabelas dari massa atom karbon yang khas. Atom terberat yang diketahui (nomor 114) memiliki kira-kira 22 kali massa karbon (lebih dari 260 kali massa hidrogen)

Tidak ada komentar:

Your pictures and fotos in a slideshow on MySpace, eBay, Facebook or your website!view all pictures of this slideshow