Sabtu, 17 Januari 2009

Under The Tree-Synopsis



Setelah kolaborasi sukses dengan maestro Jawa dalam Opera Jawa, Garin Nugroho mencoba sesuatu yang lebih menantang dalam, Under The Tree, Produksi Karya SET dan PT Credo Cine Art yang mendapat 9 nominasi di Festival Film Indonesia 2008.


SYNOPSIS


Kisah tiga wanita di Pulau Bali menghadapi persoalan kematian, kelahiran, Ibu dan arti cinta. Sebuah perjalanan di Bali yang dipenuhi magis realis.


Maharani (27 tahun) pergi ke Bali setelah mengetahui bahwa dirinya adalah anak angkat dan ibunya berasal dari Bali. Di tengah Kebencian kepada Ibunya. Ia justru bertemu dengan berbagai peristiwa tentang anak dan Ibu. Ia harus tinggal di tengah kehidupan desa penari, yang sedang akan mementaskan kisah ibu yang melahirkan beragam tokoh dalam Mahabrata. Di tengah situasi itu, ia juga justru bertemu dengan praktek penjualan bayi. Maharani yang mempertanyakan tentang Ibu bertemu dengan kenyataan komples dunia Ibu dan kehidupan anak.


Sementar itu, Nian (20 tahun) yang lahir dari keluarga kaya, dan merasa tak punya arti, justru bertemu dengan laki-laki tua (60 tahun) yang sudah dianggap mati. Laki-laki tua ini bekerja sebagai pelukis telur, yang tiap hari memungut bunga kamboja dan membantu menjalankan upacara di kampungnya. Ternyata laki-laki tua ini baru saja pulang dari Bali, setelah tahun 1965 dituduh komunis, dan terpaksa lari dari Bali. Sepulang ke Bali, ternyata ia baru sadar bahwa ia sudah diupacarakan kematian lewat upacara pembakaran.


Dewi (40 tahun) adalah penyiar radio di Bali. Ia sedang hamil dan ternyata Dokter menyatakan, bahwa bayinya menderita penyakit, yang menjadikan otaknya mengecil, dan hanya akan mampu hidup sebentar setelah kelahirannya. Dewi menghadapi konflik diri tentang aborsi, kelahiran, makna ibu dan dunia reinkarnasi.


MAESTRO PENARI BALI


"Lima maestro penari Bali berpentas dalam film ini. Sesuatu yang belum pernah terjadi. Pada puncak pertunjukan sejumlah penari kemasukan Roh"


Lima MAESTRO penari Bali bermain dalam film ini, dari



  • Man Ceni (90 tahun)

  • Bulan Trisna Djelantik

  • Mukelen

  • Arini

  • I Ketut Rina

Man cenik dengan legong pengintian, Rina dengan Cak, Bulan Trisna Djelantik, Mukelen terkenal sebagai guru legong yang mampu menjadikan murid-muridnya di tahun 50-an menembus Broadway, sementara Arini kini terkenal sebagai guru tari.


Di ajang FFI 2008, Sembilan nominasi untuk fim ini adalah untuk penyutradaraan (Garin Nugroho), tata Sinematografi (Yadi Sugandi), tata Artistik (Andhy Pulung), tata Suara (Adityawan Susanto), tata music (Kadek Suardana), pemeran utama wanita (Ayu Laksmi), pemeran pendukung wanita (Aryani Kriegenburg Williems) dan untuk film secara utuh

Tidak ada komentar:

Your pictures and fotos in a slideshow on MySpace, eBay, Facebook or your website!view all pictures of this slideshow